SISWA/ORANG TUA SISWA
1. Calon siswa mengakses laman PPDB;
2. Melakukan pemilihan jalur dan pemilihan sekolah tujuan;
3. Mencetak bukti pendaftaran online;
4. Meng-Unggah dokumen kelengkapan pada menu yang sudah disediakan;
a. Bukti Pendaftaran Online;
b. Ijazah / Surat Keterangan Lulus
c. Pas Foto 3x4
d. Akta / Surat Keterangan Lahir;
e. Kartu Keluarga / Surat Keterangan Tinggal;
f. Nilai Raport 5 Semester Terakhir ;
g. Surat Tugas Orang Tua (Jalur Perpindahan Orang Tua);
h. Surat Keterangan Program Penanganan
Keluarga Tidak Mampu (Untuk Jalur Afirmasi);
i. Legalisir Prestasi (Untuk Jalur Prestasi).
5. Pengajuan perbaikan titik koordinat rumah ke sekolah (Jika Diperlukan);
6. Cabut Berkas atau Ubah Pilihan (Jika Diperlukan);
7. Memantau peringkat / hasil akhir seleksi secara berkala.
1. Calon siswa mengakses laman sistem aplikasi penerimaan peserta didik baru dan login menggunakan akun yang telah diberikan oleh sekolah asal.
(untuk calon siswa dari luar daerah, lulusan Madrasah, Luar Negeri, lulusan 1-2 tahun sebelumnya silahkan lapor ke sekolah tujuan / dinas pendidikan untuk di buatkan akun pendaftaran);
2. Calon siswa memilih jalur yang tersedia ;
a. Zonasi,
b. Afirmasi,
c. Prestasi,
d. Perpindahan Orang Tua.
3. Calon siswa memilih sekolah tujuan;
4. Calon siswa mencetak bukti pendaftaran online;
5. Calon siswa meng-unggah bukti pendaftaran online beserta dokumen kelengkapan pendaftaran;
5. Calon siswa dapat melakukan perubahan atau menghapus pilihan sekolah tujuan sebanyak 2 kali;
6. Calon siswa memantau jurnal dan hasil PPDB secara berkala pada laman sistem aplikasi penerimaan peserta didik baru
1. Akun calon siswa diberikan oleh sekolah asal, akun bersifat case sensitive dan rahasia;
2. Calon siswa/orang tua calon siswa mengakses di laman sistem aplikasi penerimaan peserta didik baru online dan login menggunakan akun yang telah diberikan;
- Isikan username dan password;
- Pilih Rules Siswa/Orang Tua;
- Isikan Kode Captcha;
- Klik Log In.
3. Calon siswa dari luar daerah silahkan koordinasi dengan sekolah tujuan atau Dinas Pendidikan untuk mendapatkan akun pendaftaran;
1. Pastikan data identitas siswa sudah sesuai.
2. Jika terdapat kesalahan data lakukan perbaikan kemudian, klik
untuk menyimpan perubahan dan menunggu persetujuan dari Sekolah tujuan / Dinas Pendidikan.
3. Untuk perbaikan titik koordinat tempat tinggal siswa silahkan menghubungi Sekolah asal atau Sekolah tujuan.
1. Menu Ubah Password
a. Calon siswa dapat melakukan perubahan password dengan mengklik pada nama calon siswa kemudian klik
b. Isikan password yang dimaksud pada kolom yang tersedia.
(disarankan password yang mudah diingat)
c. Apabila calon siswa tidak berhasil login atau lupa password untuk login, silahkan menghubungi dinas pendidikan untuk dilakukan reset password.
2. Log Out
Silahkan melakukan log out dengan meng-klik
apabila sudah selesai melakukan aktivitas dalam aplikasi.
Mekanisme Pemilihan Jalur dan Sekolah
1. Pilih Menu Pendaftaran PPDB dengan meng-klik
2. Setelalah memilih menu pendaftaran PPDB akan muncul pilihan jalur pendaftaran
a. Jalur Zonasi;
b. Jalur Afirmasi;
c. Jalur Perpindahan Orang Tua;
d. Jalur Prestasi.
3. Calon siswa diperbolehkan memilih lebih dari satu jalur pendaftaran, dan wajib memilih sekolah yang berbeda;
4. Jalur pendaftaran berbeda setiap jenjangnya, mengikuti perkadis masing- masing kabupaten/kota;
5. Informasi terkait jalur dan sekolah yang dipilih akan muncul setelah calon siswa melakukan pemilihan sekolah;
6. Setelah memilih jalur pendaftaran dan memilih sekolah, calon siswa diwajibkan meng-unggah dokumen kelengkapan pendaftaran.
Pemilihan Jalur Zonasi
1. Apabila calon siswa memilih jalur zonasi, silahkan klik pada pada menu zonasi;
2. Informasi titik koordinat rumah calon siswa dan titik koordinat sekolah terdekat akan muncul, pastikan titik koordinat rumah calon siswa sudah sesuai sebelum melakukan pemilihan sekolah;
3. Pilih sekolah tujuan pendaftaran;
4. Pilih jenis pilihan;
5. Klik untuk menyimpan pilihan sekolah.
Pemilihan Jalur Afirmasi
1. Apabila calon siswa memilih jalur afirmasi, silahkan klik pada pada menu afirmasi;
2. Pada saat calon siswa memilih jalur afirmasi, pastikan calon siswa mempunyai surat pernyataan / dokumen pendukung lainnya terkait dengan program pemerintah penanganan keluarga tidak mampu;
3. Informasi titik koordinat rumah calon siswa dan titik koordinat sekolah terdekat akan muncul, pastikan titik koordinat rumah calon siswa sudah sesuai sebelum melakukan pemilihan sekolah;
3. Pilih sekolah tujuan pendaftaran;
4. Pilih jenis pilihan;
5. Klikuntuk menyimpan pilihan sekolah.
Pemilihan Jalur Perpindahan Orangtua
1. Apabila calon siswa memilih jalur perpindahan orang tua, silahkan klik pada menu perpindahan orang tua;
2. Pada saat calon siswa memilih jalur perpindahan orang tua, pastikan calon siswa mempunyai surat pernyataan / dokumen pendukung lainnya terkait dengan penugasan/ perpindahan orang tua calon siswa;
3. Informasi titik koordinat rumah calon siswa dan titik koordinat sekolah terdekat akan muncul, pastikan titik koordinat rumah calon siswa sudah sesuai sebelum melakukan pemilihan sekolah;
3. Pilih sekolah tujuan pendaftaran;
4. Pilih jenis pilihan;
5. Klik untuk menyimpan pilihan sekolah.
Pemilihan Jalur Prestasi
1. Apabila calon siswa memilih jalur prestasi, silahkan klik pada menu prestasi;
2. Pada saat calon siswa memilih jalur prestasi, pastikan calon siswa mempunyai nilai raport yang tinggi pada 5 semester terakhir (untuk jalur prestasi akademik);
3. Calon siswa diminta melampirkan sertifikat perhargaan prestasi / dokumen pendukung lainnya terkait dengan prestasi siswa (untuk jalur prestasi non akademik);
4. Informasi titik koordinat rumah calon siswa dan titik koordinat sekolah terdekat akan muncul, pastikan titik koordinat rumah calon siswa sudah sesuai sebelum melakukan pemilihan sekolah;
3. Pilih sekolah tujuan pendaftaran;
4. Pilih jenis prestasi;
5. Pilih jenis pilihan;
6. Klikuntuk menyimpan pilihan sekolah.
Informasi Pemilihan Jalur dan Sekolah
1. Informasi pemilihan jalur dan sekolah akan tampil setelah calon siswa melakukan pemilihan sekolah;
2. Terdapat informasi terkait dengan nomor pendaftaran dan waktu pendaftaran;
3. Terdapat nomor kontak panitia PPDB sekolah tujuan di sudut kanan atas informasi jalur dan pilihan sekolah;
4. Terdapat informasi terkait dengan skoring pada masing-masing jalur dan sekolah tujuan;
5. Terdapat informasi daftar kelengkapan berkas, jika masih kosong, atau bertanda calon siswa diminta untuk segera meng-unggah dokumen kelengkapan pendaftaran karena jika tidak di-unggah calon siswa tidak akan masuk ke dalam perangkingan;
6. Cek secara berkala hasil unggahan dokumen kelengkapan, apabila ada berkas yang bertandasegera hubungi nomor kontak panitia PPDB sekolah tujuan untuk melakukan konfirmasi;
7. Terdapat informasi peringkat pada masing-masing jalur dan sekolah tujuan (informasi peringkat ini bersifat sementara sampai dengan proses ppdb online berakhir, karena data pendaftar terus bergerak setiap saat).
Cetak Bukti Pendaftaran Online
1. Calon siswa diminta mencetak bukti pendaftaran online, setelah selesai melakukan pemilihan jalur dan sekolah tujuan;
2. Bukti pendaftaran online di cetak pada menu cetak bukti kemudian klik pada 3. Bukti pendaftaram online kemudian di tanda tangani oleh calon siswa / pendaftar dan orang tua / wali siswa;
4. Bukti pendaftaran online kemudian di-unggah pada menu unggah dokumen kelengkapan.
Cetak Surat Pernyataan Kesanggupan Melengkapi Akta Kelahiran
1. Calon siswa diperbolehkan mencetak surat pernyataan kesanggupan melengkapi akta kelahiran, apabila pada saat mendaftar belum memiliki akta kelahiran atau akta kelahiran hilang;
2. Calon siswa wajib melengkapi akta kelahiran paling lambat pada semester ke 2 tahun ajaran ini;
3. Surat Pernyataan Kesanggupan Melengkapi Akta Kelahiran di cetak pada menu cetak surat pernyataan kemudian klik pada 4. Surat Pernyataan Kesanggupan Melengkapi Akta Kelahiran kemudian di-unggah pada menu
unggah dokumen kelengkapan pada form akta kelahiran / surat keterangan lahir.
Langkah Meng-Unggah Dokumen Kelengkapan Pendaftaran :
1. Setelah memilih jalur dan sekolah, menu unggah dokumen kelangkapan akan aktif;
2. Silahkan Klik pada menu 3. Form unggah dokumen kelengkapan akan muncul dan calon siswa diminta untuk segera meng-unggah dokumen kelengkapan pendaftaran;
4. Klik padakemudian pilih dokumen yang akan di-unggah;
5. Dokumen yang di-unggah dalam format JPG, JPEG atau PNG dengan maksimal file 1Mb
6. Pastikan dokumen yang di-unggah bisa terbaca dengan baik;
7. Setelah selesai mengisi form unggah, silahkan klik dan pastikan tidak ada error pada saat unggah dokumen.
8. Cek kembali pada daftar kelengkapan berkas dan pastikan semua daftar kelangakapan sudah bertanda 9. Cek secara berkala hasil unggahan dokumen kelengkapan, apabila ada berkas yang bertanda segera hubungi nomor kontak panitia PPDB sekolah tujuan untuk melakukan konfirmasi